10 Cara Agar Mendapatkan Pengetahuan Lebih Banyak

 

cara mencari ilmu, cara memperkaya pengetahuan, mendapatkan pengetahuan

Mencari ilmu pengetahuan tak akan ada habisnya sampai penghujung usia. Meskipun kita hidup selama seratus tahun, kita mungkin hanya tahu sebagian kecil saja tentang dunia ini. Jadi, bagaimana kita bisa membuat sebagian besar waktu untuk mendapatkan beberapa pengetahuan berharga dalam hidup? Nah, bagi kebanyakan orang zaman sekarang, mereka cenderung mencari pengetahuan dimulai dan diakhiri dengan internet. Coba beri mereka pertanyaan, dan mereka pasti mencarinya lewat ‘Google’. Mencari sumber referensi untuk laporan sudah ada Wikipedia, mencari video hiburan, ada ‘YouTube’ dsb. Tapi semua pengetahuan tidak harus berakhir di sana. Masih banyak sekali pengetahuan menunggu untuk ditemukan bagi mereka yang mencarinya di tempat yang tepat. Beberapa sumber-sumber pengetahuan di luar ‘mesin pencari’ mungkin tampak kuno bagi pecandu gadget, tetapi dengan mencoba untuk tidak bergantung dengan internet, pasti Anda akan kagum dengan kekayaan pengetahuan yang Anda peroleh sendiri. Berikut saya tuliskan 10 cara untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan.

1. Buku
Ya, nomor satu adalah buku. Meskipun pergi ke perpustakaan atau toko buku lebih saya anjurkan, tapi jika kedengarannya terlalu merepotkan bagi Anda sebuah ebook juga cukup baik sebagai sumber ilmu. Tapi ebook sebenarnya tidak dapat menggantikan kepuasan yang Anda rasakan saat Anda membeli buku terbaru dari rak buku terlaris dan bau khas dari setiap halaman-halamannya.

2. Perjalanan wisata
Mulai bosan berdiam diri, keluarlah dari rumah Anda dan pergi melihat dunia. Hanya browsing gambar-gambar tempat wisata dan makanan khas kuliner nusantara tidak akan memberikan Anda kepuasan yang akan Anda miliki ketika Anda berwisata dan mencicipi kelezatannya sendiri.

3. Orang
Setiap orang memiliki sisi keunikan tersendiri dan begitu juga pengetahuan mereka. Bertemulah dengan orang-orang baru dan berbagilah pengalaman Anda. Anda tidak bisa membayangkan berapa banyak Anda akan belajar melalui cara ini. Setiap orang yang kita temui pasti memberikan pengetahuan berharga untuk kita.

4. Pengalaman
Dikatakan bahwa seiring dengan bertambahnya usia maka bertambahlah kebijaksanaan. Pengalaman hidup mengajarkan kita apa yang tidak tertulis di buku atau komputer Anda. Pengalaman di dunia nyata dapat memberikan cara pandang dan pengetahuan baru agar kita dapat memaknai hidup.

5. Film
Meskipun bapak/ibu guru Anda lebih suka menyuruh Anda untuk menghabiskan hari-hari Anda mengerjakan tugas, dan orang tua Anda jarang mendorong Anda untuk pergi ke bioskop untuk menonton film terbaru. Namun film juga memiliki banyak pesan berharga didalamnya untuk Anda pelajari. Dialog pemerannya sama seperti buku, pilihan film yang Anda tonton nantinya menentukan apa yang akan Anda pelajari juga dalam hidup. Jadi pilihlah tontonan yang baik dan dapatkan pengetahuan sekaligus hiburan.

6. Jurnal
Buatlah sebuah jurnal. Tuliskan semua pengalaman Anda. Ketika Anda menulis setelah bertahun-tahun, Anda pasti akan terkejut dengan pengalaman yang Anda miliki dan hal-hal yang Anda pelajari selama perjalanan hidup.

7. Buatlah kata-kata bijak
Kita cenderung lupa daripada mengingat. Tuliskan kata-kata motivasi baik yang terlintas di pikiran Anda. Kata-kata bijak itulah nantinya tanpa disadari menjadi penyemangat Anda ketika Anda membacanya.

8. Bahasa asing
Membaca buku-buku berbahasa asing juga membantu Anda untuk memperkaya pengetahuan. Berinteraksi dengan orang asing yang berbeda dan berbagi kebijaksanaan juga budaya mereka.

9. Terapan belajar
Pengetahuan tidak pernah bisa lengkap kecuali Anda menerapkannya di kehidupan Anda. Masih ingat konsep belajar yang Anda pelajari di kelas? Sekarang adalah waktu untuk berlatih mereka.

10. Jauhkan stres
Nah, mungkin hal ini tampak tidak nyambung dengan bahasan artikel ini. Jika Anda bebas stres dan pikiran Anda tenang, Anda pasti akan dapat belajar apapun dengan mudah. Cobalah rajin menenangkan diri dan berdo’a, biarkan hati Anda mengambil alih semua pengetahuan di sekitar Anda melalui intuisi. Tuhan pasti memberi pengetahuan baru yang tidak ada di hasil pencarian Google.

Sumber http://bramardianto.com/10-cara-agar-mendapatkan-pengetahuan-lebih-banyak.html

Leave a comment

dhikabro12

Logo Type Design | Handletterer

On Progres

Tua menghargai muda menghormati.

LOVE STORIES

"I'll just be my self"

TRI CAHYADI

postingan blog ini berdasarkan pengalaman dan hal yang saya sukai

Kucingputih_

Stop dreaming and start doing !!!

Cerite Seronoknye Esi

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung

Annyeong Rima

Catatan Harian

Cah Ayu Site

Matur Nuhun ;))

Querencia

(n.) a place where I feel I'm my most authentic self.